PUBLIKASI ILMIAH

JURNAL NATURALISTIC

Pengantar Pimpinan Redaksi

Jurnal yang kini berada di tangan anda merupakan refleksi panjang dari sebuah perjalanan bagaimana mewujudkan kampus Universitas Muhammadiyah cerdas  yang indikatornya terlihat dari progresivitas iklim dan budaya akademik yang sebagian diantaranya diwujudkan melalui peran jejaring yang dilakukan dosen di bidang penelitian dan pengabdian. Karena itu kondusifitas sebuah kampus dapat diukur dari jumlah karya akademik yang dihasilkan.Bahkan tidak berlebihan jika ingin memiliki kekuatan kompetitif, maka eksistensi iklim akademik di bidang research di suatu campus harus di kembangkan dengan sangat serius dengan dukungan modal-modal praktek manajemen, dan informasi teknologi adalah keniscayaan yang tak dapat diabaikan.

Secara ekonomi budaya memperkenalkan campus kepada publik melalui jejaring yang dilakukan dosen-dosennya di bidang penelitian dan pengabdian jauh lebih menguntungkan dibanding publikasi yang sifatnya insidental dan terkesan lebih euforia, bersifat penghamburan dan pemborosan energi karena pengaruh eksternal yang terjadi di luar nyatanya tidak bisa di kontrol. Bagi campus cerdas  publikasi ilmiah adalah alat ukur efektifitas “pemasaran” campus serta kreasi produk yang lebih akademis. Oleh karena itu, persoalan menyebarkan ide dan gagasan kreatif dan inspiratif harus didukung dan difasilitasi karena akan terjalin proses akulturasi bersama para akademisi dari berbagai lintas ilmu dan perguruan tinggi lainnya.

Kemudian secara filosofi, Jurnal PGSD ini lahir atas kesadaran itu, atas keyakinan seyakin-yakinnya bahwa  goresan pena merupakan warisan abadi bagi seorang ilmuwan atau merupakan kepuasan bathin seorang ilmuwan. Tidak sekedar lahir sebagai bentuk pragmatisme dari pemenuhan tuntutan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Apalagi ditengah gencarnya tuntutan jurnal berimpact. Jika ini yang menjadi parameter, maka tak dapat dipungkiri jika belakangan ramai diperbincangkan dewa scopus dan tuan thomson menjadi menjadi kiblat ambisius dosen Indonesia, padahal sejatinya menulis adalah persoalan menuangkan ide dan gagasan agar dapat dimanfaatkan oleh khalayak. Sedangkan persoalan yang mengirinya seperti “fee” haruslah dimaknai sebagai sebuah stimulan untuk mendorong sebuah kreativitas. Memaknai dua hal secara terbalik bisa berakibat fatal karena kegiatan riset menjadi kehilangan makna.

Sesuai akar kata yang menjadi nama jurnal ini, “Naturalistic” difokuskan sebagai wadah penampung hasil penelitian dan pengabdian original berbagai disiplin ilmu, terfokus dan terkait khususnya dengan kepentingan Pendidikan Dasar.

Edisi perdana jurnal ini memuat sepuluh  karya akademik yang bersumber dari hasil penelitian, pengabdian dan kajian literatur para dosen. Enam orang dosen tetap PGSD, dua orang dosen tetap prodi PG-PAUD, dua orang lainnya berasal dari Perguruan Tinggi di Wilayah Priangan Timur. Naskah mereka telah direview oleh reviewer eksternal (Mitra Bestari) sehingga karya dihasilkan tersebut dapat dipertanggungjawabkan secara akademik.

Jurnal PGSD ini merupakan jurnal prodi pertama yang lahir di lingkup Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya. Lahir berkat kerjasama yang sangat solid antara dosen-dosen PGSD, dan dukungan moral seluruh civitas akademika UMTAS terutama jajaran pimpinan dari mulai tingkat Rektorat sampai Dekanat serta lembaga internal UMTAS, seperti LPPM, LPM, BAAK, ICT dan BAK.

Terimakasih tiada terhingga untuk untuk semua unsur yang terlibat. Kiranya kehadiran jurnal ini bisa memberikan kontribusi bagi tradisi akademik di limgkungan UMTAS. Khusus untuk para dosen, semoga kehadiran jurnal ini dapat direspon secara positif sehingga dapat menjadi menyemangat lahirnya ide-ide spektakuler yang dapat  dituangkan dan dishare untuk perbaikan dan kebaikan ummat manusia.

Akhirnya, tak ada gading yang tak retak. Ini jurnal perdana dipastikan terdapat hal-hal yang belum sesuai baik dari sisi content maupun teknis. Saran konstruksif sangat kami tunggu dan bisa disampaikan melalui alamat redaksi yang tercantum pada alamat.

 

Naturalistic adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya. Terbit dua kali dalam satu tahun yakni bulan april dan bulan oktober. Sebagai jurnal kajian penelitian pendidikan dan pembelajaran, kehadiran naturalistic dimaksudkan untuk penampung ide, gagasan dan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dihasilkan oleh para praktisi, pemikir dan ahli di bidang pendidikan dan pembelajaran terutama yang terkait dengan problematika aktual dan solusi etis kreatif yang menyangkut Metodologi Pembelajaran (Pendekatan, Media, Metode, Model, Strategi), Pedagogik, Filsafat Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Kurikulum, Pendidikan Agama, Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pembelajaran, IPA, IPS, PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Penjaskes, Seni Budaya dan Keterampilan) di Pendidikan Dasar dan atau Sekolah Dasar.

Naturalistic is a periodical journal published by the Elementary School Teacher Education Study Program, Teacher Training and Education Faculty of Muhammadiyah University of Tasikmalaya. Published twice a year in April and October. As a journal of educational research and learning studies, naturalistic presence is intended to accommodate ideas, ideas and research results and community service generated by practitioners, thinkers and experts in the field of education and learning, especially related to actual problems and creative ethical solutions that involve Learning Methodology (Education, Learning and Learning, Science, Social Studies, Civics, Bahasa Indonesia, Mathematics, English, Penjaskes, Education, Education, Art of Culture and Skills) in Basic Education and or Elementary School.

Publication Ethic

Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran adalah jurnal berkala ilmiah yang mempublikasikan hasil-hasil kajian dan penelitian pendidikan dan pembelajaran dengan edisi terbaru dalam bidang keilmuan pendidikan dasar, pedagogik, filsafat pendidikan, dan keilmuan secara teoritis dan praktis dalam pengembangan pembelajaran jenjang pendidikan dasar.

Tanggungjawab Editor

  1. Editor bertanggungjawab dalam memutuskan artikel yang layak dipublikasikan melalui rapat dewan redaksi. Editor dipandu oleh kebijakan dewan editorial jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang berlaku mengenai pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme.
  2. Dalam proses penerimaan artikel, tim editor berasaskan pada asas kesamaan perlakuan.
  3. Dalam proses reviewjurnal dan pengambilan keputusan publikasi (artikel), tim editor tidak membedakan ras, jenis kelamin, agama, etnis, kewarganegaraan, atau ideologi politik penulis.
  4. Editor dan tim editorial tidak akan mengungkapkan setiap informasi tentang naskah atau artikel yang masuk kecuali atas izin penulisnya.
  5. Naskah (artikel) yang tidak diterbitkan setelah diajukan tidak akan digunakan oleh penelitian editor sendiri dan akan dikembalikan langsung kepada penulisnya.

Tanggungjawab Reviewer

Reviewer membantu editor dalam membuat keputusan editorial terhadap naskah/artikel yang masuk

  1. Reviewer bertanggungjawab terhadap rekomendasi arikel yang direview
  2. Review  naskah dilakukan secara obyektif, dan didukung oleh argumentasi yang jelas.
  3. Reviewer bertanggungjawab terhadap kutipan, referensi, dan plagiarisme atas artikel yang direview.
  4. Reviewer menjaga kerahasiaan informasi untuk keuntungan pribadi.

Tanggungjawab Penulis

  1. Penulis harus menyajikan artikel hasil pemikiran atau penelitiannya secara jelas, jujur, dan tanpa plagiasi, dan manipulasi data.
  2. Penulis bertanggungjawab atas konfirmasi yang diajukan atas artikel yang telah ditulis.
  3. Penulis harus mematuhi persyaratan publikasi berupa orisinalitas karya, tidak plagiat, dan belum pernah diterbitkan di jurnal atau publikasi lain.
  4. Penulis harus menunjukkan rujukan dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip
  5. Penulis harus menulis naskah atau artikel secara etis, jujur dan bertanggung jawab, sesuai dengan peraturan kepenulisan ilmiah yang berlaku.
  6. Penulis dilarang mengirimkan/menerbitkan artikel yang sama ke lebih dari satu jurnal atau publikasi.
  7. Penulis tidak berkeberatan jika naksah mengalami penyuntingan tanpa mengubah subtansi atau ide pokok tulisan.

Tanggungjawab Penerbit (Publisher)

  1. Program Studi PGSD FKIP UMTAS sebagai penerbit Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran bertanggungjawab menerbitkan artikel yang setelah melalui proses editing, peer review, layout sesuai dengan aturan penerbitan Jurnal Ilmiah.
  2. Program Studi PGSD FKIP UMTAS sebagai penerbit Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran bertanggungjawab menjamin kebebasan akademik bagi para editor dan reviewer dalam menjalankan tugasnya maisng-masing.
  3. Program Studi PGSD FKIP UMTAS sebagai penerbit Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran bertanggungjawab menjaga privasi dan melindungi kekayaan intelektual dan hak cipta, dan kebebasan editorial.

Naturalistic: Journal Assessment of Educational Research and Learning is a journal of scientific periodical that publishes the results of studies and research in education and learning with the latest edition of the scientific fields of basic education, pedagogical, educational philosophy, and science theoretically and practically in the development of learning the basic education level.

Responsibility Editor

  1. Editor responsible in deciding decent article published by the editorial board meeting.
  2. Editor guided by the policy of the editorial board of the journal and are limited by applicable legal requirements regarding libel, copyright infringement and plagiarism.
    3. In the process of acceptance of the article, a team of editors are basically the principle of similarity of treatment.
    4. In the process of decision-making reviewjurnal and publications (articles), the editorial team does not distinguish between race, gender, religion, ethnicity, nationality, or political ideology writer.
    5. Editors and editorial team will not reveal any information about the script or articles that enter except by permission of the author.
    6. Manuscripts (articles) are not issued after submission will not be used by the editor’s own research and will be returned directly to the author.

Responsibility Reviewers

Reviewers assist the editor in making editorial decisions on manuscripts / articles that go

  1. Reviewers are responsible for recommendations which were reviewed arikel
    2. Review the script made objectively, and supported by clear arguments.
    3. Reviewers are responsible for quotations, references and plagiarism on articles reviewed.
    4. Reviewers keep confidential information for personal gain.

 Responsibility Writer

  1. Authors must present the result of thought or research article clearly, honestly, and without plagiarism, and data manipulation.
    2. The author is responsible for the confirmation which was filed on articles that have been written.
    3. Authors must comply with the requirements of the publication of the work in the form of originality, plagiarism is not, and has never been published in journals or other publications.
    4. Authors should indicate the reference of the opinions and work of others cited
    5. Writers must write a script or articles ethically, honestly and responsibly, in accordance with the rules applicable scientific authorship.
    6. The author may not post / publish the same article to more than one journal or publication.
    7. The author does not mind if naksah experience editing without changing the substance of the article or the main idea.

Responsibility Publisher (Publisher)

  1. Study Program PGSD FKIP UMTAS as publisher Naturalistic: Journal of Educational Research Assessment and Learning is responsible to publish articles that after going through the editing process, peer review, in accordance with the layout of Scientific Journals publishing rules.
    2. Study Program PGSD FKIP UMTAS as publisher Naturalistic: Journal of Educational Research Assessment and Learning is responsible for guaranteeing the freedom of academic editors and reviewers in carrying out their duties maisng.