Sistem Informasi Posyandu Berbasis Web : Pengabdian Masyarakat Fakultas Teknik UMTAS di Posyandu Cendana, Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang kota Tasikmalaya

Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (FT-UMTAS) menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di Posyandu Cendana, Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya. Kegiatan ini didukung Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UMTAS, diselenggarakan pada Oktober hingga April 2021.

Ketua Pengabdian Masyarakat Hani Rubiani mengatakan pihaknya bersama tim IT berupaya mengembangkan sistem informasi posyandu berbasis web. Pengembangan sistem ini ditujukan sebagai salah satu upaya mendukung SDGs (Sustainable Development Goals) melalui peningkatan peran serta masyarakat khususnya kader posyandu dengan membangun efikasi diri kader.

“Dengan penerapan sistem informasi ini diharapkan efikasi diri kader dapat ditingkatkan, serta memberikan kemudahan bagi pihak terkait dalam memperoleh data kesehatan khususnya terkait kesehatan ibu, bayi dan balita,” tutur dia berdasarkan rilis yang diterima.

Ia mengatakan hingga saat ini sistem pencatatan di posyandu umumnya masih konvensional atau manual menggunakan kertas sehingga cenderung kurang efisien. Berdasarkan data penelitian yang pernah dilakukan, pengelolaan data secara manual memiliki banyak kekurangan, baik dari segi waktu, keakuratan input dan proses data, serta pelaporan.

Banyaknya data yang harus dicatat dengan sistem pencatatan yang masih manual berupa form berbasis kertas cenderung tidak tertata dengan baik. Pengamatan di lapangan menunjukkan bahwa kader cukup kesulitan dalam mengelola dan mencari data ataupun informasi terkait kesehatan ibu, bayi dan balita yang dibutuhkan khususnya untuk pelaporan.

Oleh karena itu, tuturnya, sistem informasi posyandu yang dikembangkan dalam pengabdian ini menjadi salah satu sistem administrasi dan dokumentasi dalam melakukan pencatatan serta pelaporan berbagai kegiatan di posyandu.

Format dokumentasi ataupun pelaporan yang awalnya diisi satu persatu secara manual, dapat dipermudah oleh sistem berbasis IT ini yang salah satunya dengan menggunakan fitur integrasi data. Fitur ini sangat memudahkan untuk keperluan pelaporan yang dibutuhkan oleh pihak-pihak terkait seperti puskesmas.

Ia menambahkan pengabdian masyarakat ini diawali dengan diskusi (FGD) bersama kader-kader posyandu Cendana terkait pelaksanaan sistem pencatatan/dokumentasi posyandu, studi literatur, content development, finalisasi software, sosialisasi, pendampingan serta evaluasi program. Pengabdian masyarakat  ini diketuai oleh Hani Rubiani, S.T., M.Eng, bersama timnya Eddy Samsoleh, S.T., M.T; Sulidar Fitri S. Kom., M.Sc beserta satu orang Mahasiswa Bernama Shofia Rahmah Soprani dan juga dihadiri oleh tim dosen dari Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

 

Ketua Pengabdian Masyarakat

Hani Rubiani, S.T., M.Eng

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.